Membangun Pemerintahan Desa Pasir Jaya yang Demokratis dan Transparan untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Lebih Baik

Friday 31 May 2013

Pilkades Serentak di 147 Desa, BPD Harus Bersikap Netral

TANGERANG, (KB).Sebanyak 246 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Tangerang ditatar persiapan penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades) yang digelar serentak pada 30 Juni mendatang. Sehubungan pilkades massal di 147 desa di wilayah itu, BPD dan panitia harus bersikap netal pelaksanaannya.

Kepala Bagian Bina Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan, menjelaskan penataran atau pembekalan tersebut merupakan bagian dari kegiatan deseminasi informasi bagi masyarakat desa. Menurutnya, peserta diberikan pemahaman tentang mekanisme dan aturan tentang pelaksanaan pilkades dan penyelenggraan pemierintahan desa.

“Pembekalan ini terutama berkaiatan dengan pilkades massal serentak di 147 desa pada Juni nanti. Tentunya kita fokus dalam mensosialisasikan tahapan pilkades , sekaligus pembekalan agar setiap BPD paham dan mengerti aturan perundang-undangan yang ada sehingga penyelenggaraan pilkades serentak ini bisa demokratis dan kondusif,” ujarnya, Jumat (12/3). Azis menyatakan, pihaknya telah mengingatkan para anggota BPD agar dalam pelaksanaan pilkades serentak itu menghindari permasalahan yang melanggar tugas dan fungsi BPD yang dapat mencederai demokrasi di tingkat desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Iskandar Mirsad, menyebutkan, pelaksanaan pilkades serentak diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 16 tahun 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pilkades. Dalam kaitan itu, sekda menekankan agar para anggota BPD beserta panitia pilkades bersikap netral dalam penyelenggaraan hajatan demokrasi langsung di tingkat desa itu.

“Jaga netarlitas dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pilkades, jangan sampai mengundang permasalahan yang nantinya terjadi konflik sehingga mencederai pilkades itu sendiri. Ciptakan iklim kondusif agar masyarakat percaya kepada kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa,”tandasnya.(Endang/Job/KB)***

Sumber. kabar-banten.com di Posting 13 April 2013

No comments:

Post a Comment